Pasang iklan

Hingga Kini Kondisi Udara Riau Sangat Tidak Sehat

Riau Gema.id – Kondisi udara di Riau saat ini dalam kondisi ‘sangat tidak sehat’ akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Berdasarkan keterangan pers yang diterima Gema.id, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPBN) menyatakan kondisi ini tidak hanya terjadi di Riau, hal serupa juga melanda dua wilayah lainnya yakni Sumatera Selatan dan Jambi.

“Kualitas udara di tiga provinsi sangat tidak sehat,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana Alam (BNPB), Agus Wibowo, dilansir Gema pada Kamis (16/10/2019).

Diungkapkan pula bahwa kondisi ini terjadi meski titik panas turun drastis pada hari Selasa (15/11/2019) lalu.

Berdasarkan pengukuran PM 2,5 yang dilakukan pihak BNPB pada tiga wilayah tersebut  kualitas udara pada wilayah Sumatera Selatan berada pada tingkat 195, Jambi pada tingkat 170  dan Riau sendiri berada pada tingkat 160. Sementara jumlah titik panas yang terindentifikasi di tiga provinsi tersebut meliputi 158 titik dengan perincian 96 titik di Sumatera Selatan, 52 titik di Jambi dan 10 titik di Riau.

“Di wilayah Sumatera Selatan, tujuh helikopter bom air beroperasi dengan melakuakn 390 kali pengeboman air dengan jumlah air 1,5 juta liter,” jelas Agus.

Sementara itu pihak BNPB juga menginformasikan total 867 titik panas di seluruh wilayah Indonesia yang berdampak pada area seluas 328.772 hektar area.

Tinggalkan komentar

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)