Pasang iklan

Sofyan Basir Di Putus Bebas dalam Kasus PLTU Riau-1

Gema.id Riau  – Mantan DIrektur Utama Perusahaan Listrik Negara (PLN) Sofyan Basir terdakwa dalam kasus suap pembangunan proyek PLTU-1 Riau di vonis bebas oleh majelis hakim pengadilan Tipikor Jakarta, pada Senin (5/11/2019) kemarin.

Sebelumnya Sofyan Basir ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait keterlibatannya dalam pembangun PLTU-1 Riau. Dalam penetapan dirinya sebagai tersangka Sofyan di duga menerima sejumlah uang sebagai jatahnya dalam proyek tersebut.

Selain itu Sofyan juga disebut berperan dalam menunjuk perusahaan Johanes Budisutrisno Kotjo, Blacgold Natural Resources Ltd. Bersama Johanes Kotjo dan Enil Maulani Saragih Wakil Ketua DPR Komisi VII, Sofyan ditetapkan sebagai tersangka.

Namun, pada Senin (4/11) kemarin, Sofyan tidak terbukti secara sah dan meyakinkan membantu memfasilitasi proses suap sebagaimana sebelumnya  didakwakan Jaksa Penuntut Umum KPK.

“Bisa dilihat memang fakta-fakta persidangan tidak mendukung terpenuhinya Pasal 56 pembantuan itu. Kita lihat kalau Pasal Penyuapan Kotjo dan Eni, terbukti Pasal 12. Tapi khusus pasal pembantuan peran dari Sofyan Basir itu kan tidak terbukti. Itu yang perlu digarisbawahi. Memang berdasarkan fakta sesuai dengan putusan itu,” kata pengacara Sofyan Basir, Soesilo Aribowo dilansir dari CNN Indonesia, pada Selasa (5/11/2019).

Usai di putus bebas , Sofyan merasa  bersyukur atas segala tuduhan yang dilimpahkan kepadanya tidak terbukti di Pengadilan Tipikor.

“Saya bersyukur Allah kasih terbaik buat saya hari ini bebas. Kita bisa mulai kerja, yang terbaik untuk semua masyarakat,” kata dia usai menjalani sidang di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat.

Tinggalkan komentar

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)